Visi

“Menjadi Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan yang Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional pada Tahun 2040 ”

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan sarjana tata kecantikan yang bermutu, berdaya saing, dan berwawasan konservasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berwawasan konservasi yang bermanfaat bagi pengembangan usaha, masyarakat dan pemerintah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan konservasi yang bermanfaat bagi pengembangan usaha, masyarakat dan pemerintah.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dibidang tata kecantikan yang sinergis dengan pengembangan Program Studi Tata Kecantikan baik nasional maupun internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana kependidikan tata kecantikan yang berkompeten, berdaya saing serta memiliki nilai-nilai konservasi yaitu aspiratif, humanis, peduli, inovatif, kreatif, sportif, jujur dan adil;
  2. Menghasilkan penelitian bertema konservasi di bidang tata kecantikan yang bermanfaat bagi pengembangan dunia usaha, masyarakat dan pemerintah yang sinergis dengan pengembangan program studi;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bertema konservasi di bidang tata kecantikan bermanfaat bagi pengembangan dunia usaha, masyarakat dan pemerintah.
  4. Menghasilkan dan menyebarluaskan karya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berwawasan konservasi.
  5. Menjalin kerjasama dibidang tata kecantikan dengan lembaga dan pihak-pihak terkait yang sinergis dengan pengembangan program studi baik nasional maupun internasional.

Makna Visi

Berwawasan konservasi artinya Prodi Pendidikan Tata Kecantikan dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi mengacu pada prinsip-prinsip konservasi  (perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari) sumber daya alam dan seni budaya, serta berwawasan ramah lingkungan.  Implementasi wawasan konservasi pada Prodi Pendidikan Tata Kecantikan tercermin : (1) mata kuliah Pendidikan Konservasi yang berisi tentang konsep dasar lingkungan makna konservasi serta konsep, nilai, dan karakter konservasi; Gelar Cipta Karya Kecantikan yang mengusung tema kearifan local dan budaya nusantara; Tata Rias Pengantin Jawa; Kosmetika Tradisional; Tata Rias Pengantin Luar Jawa. (2) Penelitian dan pengabdian. Tema Penelitian dan pengabdian dosen Prodi Pendidikan Tata Kecantikan didasarkan pada tujuh pilar konservasi UNNES yaitu kebijakan dan pengembangan konservasi dan pengelolaan pencemaran. Contoh judul penelitian dosen prodi pendidikan tata kecantikan adalah pengembangan alat welat sebagai alat bantu pembuatan paes pengantin solo putri.

Bereputasi internasional artinya Prodi Pendidikan Tata Kecantikan memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi di tingkat internasional. Visi menjadi Prodi bereputasi internasional merupakan tekad untuk dikenal dan berprestasi bukan saja pada tingkat nasional tetapi dalam pergaulan internasional. Implementasi Prodi Pendidikan Tata Kecantikan bereputasi internasional tercermin pada mata kuliah Bahasa inggris, mahasiswa untuk memiliki skor toelf 450 sebagai syarat ujian skriipsi, keikutsertaan dosen dalam seminar internasional, dan adanya bukti kerjasama dan implementasi yang baik antara prodi dengan universitas di luar negeri.